7 Safar 1440 H

Apakah anjing boleh di pelihara??

Kategori Kritikan
Di lihat 685 kali

Hits: 113


Assalamualaikum..

APAKAH ANJING BOLEH DI PELIHARA? HARAM ATAU TIDAK MEMELIHARA ANJING? NAJIS ATAU TIDAK MEMELIHARA ANJING?
MARI KITA TINJAU DARI KITAB SUCI ALQURAN.

Saya tahu ini sangat sensitif dan berbeda dengan pemahaman mayoritas umat islam atau kebanyakan orang dan mungkin melukai perasaan mayoritas umat islam, seperti sebagian salafi dan kepada pengikut islam golongan terutama Nu dan lainnya…

Mohon maaf.
Saya orang yang berpegang teguh pada Alqur,an. Saya menyampaikan ini apa adanya tanpa pengaruh paham islam golongan “Ormas islam dan sexte”. Terutama Golongan Nu.

Selama ini yang kita tahu bahwa anjing adalah binatang yang najis dan haram dan di yakini oleh 99% mayoritas umat islam. Bahkan menyentuh saja harus di cuci dengn air yang di campur dengan lumpur dan di cuci dengan 7 mata air yg berbeda. ini akibat taqlid buta…..sedemikian najiskah anjing….?

Ternyata setelah saya teliti dan tinjau saya mendapatkan hasil yang berbeda dan bertolak belakang dengan paham mayoritas umat islam. tidak ada satupun ayat Alqur’an yang mengharamkan memelihara anjing dan Bahkan dengan hadist pun bertentangan.

Coba perhatikan hadist ini.
HR.Bukhori no. 5061. Riwayat adi bin hatim ” barkata” aku bertanya kepada rosul Saw “kami adalah suatu kaum yang biasa berburu dengan anjing-anjing ini”…rosululloh menjawab ” jika kamu lepaskan anjingmu yang terlatih dengan menyebut nama Allah, maka makanlah apa yang ditangkapnya untuk kamu meskipun anjing itu membunuhnya. Kecuali jika anjing tsb memakanya untuk dirinya sendirian jika ada anjing lain bersama anjing mu maka jangan lah di makan hasil buruanya.

Kalo kita mempelajari fikih imam safi’i di sana kita menemukan pelajaran tentang anjing, bahwa anjing menurut imam safi’i merupakan binatang yang kotor dan tidak boleh di pelihara oleh umat islam. Dan ajaran imam safii ini ternyata sama dengan ajaran yahudi yang di sana menganggap anjing sebagai binatang yang kotor dan tidak boleh di pelihara oleh orang yahudi. Imam safi’i lah orang yang paling bertanggung jawab atas penyimpangan umat islam yg ajaranya menjadikan anjing binatang yang haram Dan najis.

Sedangkan di dalam Alquran Allah menggambarkan kepada kita bahwa anjing adalah binatang yg paling berjasa dalam membantu pekerjaan manusia. di dalam Alquran kita bisa mengambil contoh dari pengalaman pemuda kahfi selama mereka bersembunyi di dalam goa mereka di jaga dengan setia oleh anjing miliknya.

Allah berfirman: Dan engkau mengira mereka itu tak tidur padahal mereka tidur dan kami bolak balikan mereka ke kanan dan ke kiri, sedang anjing mereka membentangkan kedua lenganya di depan pintu goa. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentu kamu akan berpaling melarikan diri dari mereka dan pasti kamu akan di penuhi rasa takut terhadap mereka. (Qs. Alkahfi 18:18).

Ayat ini menunjukan pada kita bahwa orang beriman kemana mana membawa anjing (pemuda kahfi adalah pemuda beriman.

Dan pada zaman Rosululloh ternyata masyarakatnya sangat gemar memelihara anjing dan gemar berburu dengan menggunakan anjing dan untuk menjaga hewan ternak.

Bisa dilihat di.
Qs.al maidah(5):4. Mereka bertanya kepadamu (muahmmad) ” apakah yang di halalkan bagi mereka…?” Katakanlah ” yang di halalkan bagimu adalah makanan yang baik-baik dan buruan yang di tangkap oleh binatang pemburu yang telah kamu latih untuk berburu, yang kamu latih menurut apa yang telah di ajarkan Allah kepadamu. Maka makanlah apa yang di tangkapnya untukmu dan sebutlah nama Allah waktu melepasnya. Dan bertaqwalah kepada Allah, sungguh Allah sangat cepat perhitunganNya.

Di alam hadist pun banyak di sebutkan bahwa masyarakatnya pada jaman rosul itu gemar memelihara anjing untuk berburu dan menjaga ternak.

Saya menelusuri Alqur’an “A” sampai “Z” tidak di temukan ayat yg menjelaskan bahwa anjing itu haram atau najis justru yang di temukan bahwa orang ” munafik” “musryik” dan “penyembah berhala” yg najis…lihat Qs. At taubah(9):95. ….orang munafik itu najis…9:28..&.22:30….orang musyrik itu najis….

Demikianlah hukum hukum Allah di dalam alquran yang di tegaskan dalam hadist yang sejalan dengan Alquran. bahwa umat islam ternyata boleh memelihara anjing untuk membantu pekerjaan manusia dan anjing merupakan binatang yang berjasa bagi manusia bisa untuk menjaga keamanan, melacak narkoba, melacak pembunuhan, melacak bom, melacak teroris, menjaga rumah dan masih banyak lagi…

KESIMPULANNYA ADALAH..
Umat islam boleh memelihara anjing tidak haram memelihara anjing, dan tidak najis memelihara anjing, namun akan lebih baik di cuci jika kena air liurnya namun tidak harus mencuci tujuh kali dan mengklaim najis. selama memelihara anjing hanya untuk berburu dan berjaga setelah di tinjau dari alquran boleh di pelihara.

Boleh pelihara anjing yang di maksut ini bukan berarti kita bebas peliharanya kaya pelihara kucing setiap waktu dan setiap saat di pegang dan di elus-elus, mau pegang boleh jika pas di perlukan saja namun tetep harus jaga jarak tidak seperti pelihara kucing.

Dan Memelihara tidak harus di tarok di rumah seperti memelihara kucing yang bebas berkeliaran di dalam rumah atau halaman rumah. Tapi Anjing bisa anda tarok di luar rumah atau luar pagar rumah yg sudah di sediakan kandang kusus untuk berteduh ketika hujan atau panas.

Mengenai kisah pemuda dalam Qs alkahfi beliau memelihara dan membawa anjing bukan untuk di peluk-peluk atau bercengkrama tapi untuk menjaga, mengenai terbawa ke goa karena keadaan terdesak dan terjebak.

Semoga kajian ini bisa menjadi bahan renungan bagi orang-orang yang mau berpikir dan bagi yang berpegang teguh pada alquran
Terakhir saya sampekan janganlah kita berdusta di depan Allah dengan mengharamkan yang halal dan menghalalkan yang haram.

firman Allah: janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang di sebut sebut oleh lidahmu secara dusta” ini halal dan ini haram”, untuk mengada adakan kebohongan terhaap Allah. Sesungguhnya orang yg mengaa adakan kebohongan terhadap Allah tidak akan beruntung. (Qs An Nahl 16:116).


Demikian semoga bisa menjadi bahan renungan…

comments

tags:

Populer Posts