Assalamualaikum Wr. Wb

Maap ini hasil pengamatan saya dan dari hasil riset kecil2 lan yang saya kumpulkan dari tahun ke tahun. Menurut saya orang di dunia maya yg suka memposting kata2 indah dan berkomentar bertutur sapa santun, ramah, jaga akhlaq, jaga etika buruknya belum tentu ahlaknya di dunia nyatanya sebagus tutur sapanya di dunia maya= di facebook.

Saya beri contoh sedikit inipun terpaksa!
Dulu saya punya rekan satu kerjaan Orang suku sunda beliau tukang bordir dan sy tukang jahit, di dunia nyata dalam keseharian di kerjaan saya tau betul. beliau adalah salah seorang islam ktp sejati, Dalam kata2nya suka berkata jorok, tukang pezina/lelaki nakal, badan penuh tato, pecandu minuman berakohol, pecandu rokok sehari 2 bungkus, dlln.

Singkat cerita setelah selisih brapa bulan sy kluar dari satu kerjaan dari beliau dan saya telusuri fbnya melaui namanya. ternyata kata2 di fb nya semua lain di bibir lain di hati dusta semua, kata2 di fbnya penuh dengan sopan santun, ramah tamah dan sangat islami, kata islami yg banyak mereka gunakan untuk kepentingannya modusnya yg banyak sata jumpai kepada mayoritas islam ktp/orang munafik yaitu seperti Kata Insyaallah, Subhanallah, Alhamdllh, yang sabar, dlln.
Dan masih banyak cerita yg serupa yang kumpulin dari masa ke masa. Yg tidak bisa saya publikasikan di umum.

Cerita ini sy dapat dari penglihatan sy dan dari kelakuan dia, Ini bukan dalam rangka buka Aib/ngomongin kejelekan orang. Jangan gagal paham ya! Itung2 buat pelajaran supaya kita tidak jatuh kedalam kemodusan seperti itu. Dan bukan berarti saya mengorek kesalahan orang lain dan lupa akan kesalahan sendiri… Tidak!
Dan supaya apa yg kita/anda ucapkan di dunia maya kita praktekan di dunia nyata walaupun itu pahit pelaksanaannya atau seenggak2 nya kita ingkari terang2 ngan, jangan hanya modus bisanya.
Namun sy suka dengan orang yg berpura2 santun karena semoga lanbat laun anda akan di buatnya santun dan menjadi baik beneran di mata Alloh bukan di mata manusia.

Kesimpulan dari postingan sy ini yaitu Tidak semua orang yg bikin postingan dan berkomentar dengan kata2 indah, kata2 islami dan kata2 tentang agama dan lain2. Belum tentu yg membawakan itu orang yg beriman dan bertakwa. Bisa jadi mereka orang munafik dan pendusta sejati. Namun yg sering berkata tidak bisa jaga etika juga 99% ya itulah ahlaknya di dunianyata yg sebenarnya. Jika yang sudah berusaha santun, sopan jaga etika buruk saja belum tentu orang itu seperti yg anda/kita liat! Apalagi yang sebaliknya, tentu anda lebih pintar menilainya.😊

Jadi motto “kata2 adalah kualitasmu” yg sering di ucapkan orang di dunia maya itu bisa jadi iya dan bisa jadi tidak.

 Dwiwap

 

comments

tags: