Usia manusia terus bertambah, seiring berjalannya waktu kemampuan kerja setiap organ tubuh akan mengalami penurunan, termasuk bagian yang paling penting yaitu otak. Fungsi otak yaitu untuk mengingat dan berfikir, secara bertahap ingatan jangka pendek akan hilang fungsi eksekutifnya sebagai lobus frontal kanan.

Namun kemampuan otak dapat dijaga, walaupun umur terus menua tapi proses penuaan dan hilang ingatan pada otak dapat ditunda. Ada kasus yang menyatakan bahwa sebagian kegiatan yang dimiliki seseorang dapat mengembalikan kemampuan otak, maka jadikanlah kegiatan ini sebagai hobi anda.

Ada sebuah penelitian pada otak, ternyata membaca benar-benar dapat meningkatkan fungsi otak di beberapa bagian. Maka membaca dapat dijadikan salah satu hobi atau kegiatan yang harus sering dilakukan, membaca dapat merangsang pertumbuhan jalur saraf baru seperti layaknya menyerap informasi baru.

Membaca juga dapat melenturkan bagian-bagian otang yang ada hubungannya dengan pemecahan masalah, menafsirkan suatu kata dan melihat pola. Hal ini dapat meningkatkan memori dan melatih otak untuk mampu berimajinasi.

Beberapa penelitian juga menunjukkan membaca cepat sebagai metode untuk meningkatkan sinapsis (sambungan elektrik antar bagian otak) karena otak harus memproses informasi sensorik cepat.

 Dwiwap

comments

Share this...
Share on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
0
tags:

Populer Posts

Arsip